Interaksi Manusia dan Komputer

  • Apa sih IMK itu ?? langsung aja nyook...!!

Dimulai pada perang dunia ke II, IMK menghasilkan lebih banyak sistem senjata yang lebih efektif -> Asosiasi Riset Ergonomi di Amerika Serikat pada tahun 1949... kyanya belum lhr gw he...he...he..
Secara tradisional, ergonomi berhubungan dari karakteristik fisik dari sistem dan mesin dan bagaimana hal2 ini mempengaruhi kinerja pengguna.

Faktor - faktor manusia
* termasuk dalam masalah - masalah yang dibahas dan juga akan banyak lagi masalah COGNITIVE. Ia memperhatikan kinerja pengguna dalam konteks sembarang sistem, apakah komputer, mekanik ataupun manual.
* Interaksi diantara manusia dan komputer dengan aspek2 fisik, psikologi dan teoritis dari proses ini.

ada yg tau siapa yang terlibat dalam IMK..
???


* IMK adalah subjek yang multi-disiplin.
*Pendesainan suatu sistem yang interaktif melibatkan
  • Ilmu Psikologi dan Cognitive = Pengetahuan mengenai persepsi pengguna, cognitive dan ketrampilan penyelesaian masalah.
  • Ergonomi = Kemampuan fisik pengguna
  • Sosiologi = Konteks dari interaksi
  • Ilmu dan rekayasa teknik komputer = Mampu untuk membangun teknologi yang dipasarkan
  • Bisnis = Mampu untuk memasarkannya
  • Desain grafik = Presentasi antarmuka yang efektif
  • Penulisan ilmiah = Menghasilkan buku manual

Tak ada teori umum dan terpadu mengenainya

ada 3 kata yg dgunakan untuk mendapatkan keberhasilan :

  • Useful (berguna) - dapat menyelesaikan apa yang dibutuhkan: memainkan musik, memformat makanan, memasak makanan
  • Usable (dapat digunakan) - dapat dikerjakan dengan mudah dan alamiah, tanpa adanya bahaya kesalahan, dan lain2
  • Used (digunakan) - membuat orang menggunakannya, menarik, perlu untuk digunakan, menyenangkan, dan lain2.



IMK dalam kurikulum

Desainer tak akan dapat mengelak dan mengacuhkan antar muka dalam hal fungsionalitas dari sistem yang di desain.
  • Jika antarmukanya jelek, fungsionalitasnya menjadi tak jelas; jika ia didesain dengan baik, ia akan menjadikan fungsionalitas sistem mendukung pekerjaan pengguna
IMK harusnya diintegrasikan pada setiap kuliah ilmu komputer atau rekayasa perangkat lunak.
Haruslah menjadikan pertimbangan kita jika kebutuhan akan kompleksitas penambahan dalam sistem harus disesuaikan dengan penambahan kejelasan dan kegunaan dalam antarmuka yang digunakan.

1 komentar: